KPPN Tanjung Redeb Gelar Sosialisasi Terkait Pemasaran Produk, Sertifikasi Halal dan Izin Usaha


 HEADLINEKALTIM.CO, TANJUNG REDEB -KPPN Tanjung Redeb menggelar sosialisasi terkait mekanisme pemasaran produk melalui market place (Digipay), sertifikasi halal, dan perizinan usaha pada Senin, 13 Mei 2024. Hal ini guna meningkatkan pengetahuan dan pemberdayaan kepada pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Berau.

Kepala KPPN Tanjung Redeb, Viera Martina Rachmawati, menyampaikan pihaknya berfungsi untuk melakukan pelaporan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN. Kata dia, dengan perkembangan informasi, KPPN berupaya membantu pelaku UMKM dengan membuat market place atau dikenal dengan belanja online.

“Kami mengembangkan digital payment yang bekerjasama dengan semua pihak perbankan untuk mengembangkan suatu market place. Para pelaku UMKM bisa mendaftarkan produk atau usahanya, kemudian bisa diakses mitra kerja kami yakni satuan kerja (Satker) maupun instansi pemerintah,” jelasnya.

Lanjutnya, baik kebutuhan Satker terkait penyediaan makan dan minum untuk kegiatan, ATK dan juga kebutuhan lainnya. Untuk itu, KPPN berusaha memfasilitasi dalam menemukan tempat pemasaran yang baru untuk produk serta jasa pelaku UMKM yang disediakan nantinya.

“Selanjutnya juga ada sosialisasi terkait sertifikasi halal dan juga izin usaha, kita berusaha mempermudah dan mempersingkat proses. Jadi kita menyederhanakan prosedur yang dianggap panjang,” bebernya.

Dikatakannya, selaku bagian dari Kementerian Keuangan, KPPN Tanjung Redeb mencoba berkoordinasi dan bersinergi dengan instansi pemerintah, Kementerian Agama serta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, serta lainnya.

“Hal ini kita coba sosialisasikan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Berau. Ke depannya, kita akan mencari bentuk kerja sama yang lain untuk melaksanakan kegiatan secara rutin seperti diskusi terkait dengan hal yang dapat mendorong pelaku UMKM untuk berinovasi,” pungkasnya. (Riska)

 

Berita Terkini di Ujung Jari Anda! Ikuti Saluran WhatsApp Headline Kaltim untuk selalu up-to-date dengan berita terbaru dan Temukan berita populer lainnya di Google News Headline Kaltim