Api Berkobar di Gang Unyil, Ludes Rumah, Kios dan Bengkel


HEADLINEKALTIM.CO, TANJUNG REDEB -
Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Manunggal, Gang Unyil, Tanjung Redeb, pada Kamis, 6 Juni 2024. Insiden ini mengakibatkan empat rumah warga, dua kios, dan satu bengkel motor hangus terbakar dalam sekejap.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau Nofian Hidayat mengatakan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 09.15 WITA dan berhasil dikendalikan sekitar pukul 10.35 WITA. "Penanganan api berlangsung kurang lebih 1 jam 20 menit," jelas Nofian.

Penyebab kebakaran diduga kuat akibat kebocoran tabung gas. "Hal ini berdasarkan informasi dari warga sekitar," tambahnya.

Untuk memadamkan kobaran api di kawasan padat penduduk tersebut, BPBD Berau menurunkan tujuh unit armada pemadam kebakaran. "Kami juga dibantu dengan satu unit mobil tangki dari DLHK dan satu unit armada dari KPHP," jelas Nofian.

Bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu membuat api cepat menyebar ke rumah-rumah lainnya. "Api dengan cepat menyebar karena memang padat penduduk dan ini merupakan kawasan zona merah," ungkap Nofian.

Upaya pemadaman api dibantu Personel TNI-Polri, PMI, WIZ, Tagana, serta masyarakat setempat.

Salah satu pemilik bengkel yang terdampak, Ambo, menceritakan bahwa api berasal dari salah satu rumah warga yang sedang memasak. "Tiba-tiba api membesar sehingga merembet ke rumah sekitarnya," ujarnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian materiil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan Polres Berau. (Riska)

 

Berita Terkini di Ujung Jari Anda! Ikuti Saluran WhatsApp Headline Kaltim untuk selalu up-to-date dengan berita terbaru dan Temukan berita populer lainnya di Google News Headline Kaltim