Perpustakaan SMAN 4 Berau Masuk Nominasi Terbaik Nasional, Dispusip Harap Dukungan dari Semua Pihak


HEADLINEKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau berupaya melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap perpustakaan yang ada di Bumi Batiwakkal untuk dapat menorehkan prestasi hingga tingkat nasional.

Kepala (Dispusip) Berau, Yudha Budisantosa menuturkan, setelah pihaknya melakukan kunjungan dan penilaian secara langsung, SMAN 4 Berau ditetapkan sebagai juara 1 tingkat Provinsi.

“SMAN 4 Berau akan mewakili Provinsi Kalimantan Timur di tingkat nasional,” ungkapnya Senin, 4 Juli 2024.

Setelah melewati berbagai tahapan, Perpustakaan Garden Library Puri (Garlip) SMA Negeri 4 Berau dinyatakan lulus dalam nominasi 6 besar pada klaster III lomba perpustakaan SMA/SMK/MA terbaik tingkat nasional tahun 2024.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya menggalang dukungan dari Gubernur Kaltim, Sekda Provinsi Kaltim, Kepala Dispusip Provinsi Kaltim termasuk dari Bupati Berau dan seluruh pihak untuk mendukung majunya perpustakaan di Kabupaten Berau, khususnya di SMAN 4 Berau.

“Nanti kita diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan pada tahun ini sekitar bulan September atau Oktober untuk diadu dengan perpustakaan sekolah juara 1 Provinsi yang lain,” jelasnya.

Dikatakannya, proses ini membutuhkan waktusangat panjang. Untuk itu, Dispusip Berau selalu melakukan pendampingan supaya kegiatan di SMAN 4 Berau juga banyak. Jadi, bukan hanya koleksi bukunya saja.

Kalau ada bedah buku atau lomba-lomba itu juga bagian dari kegiatan perpustakaan. “Semakin banyak kegiatan maka semakin banyak kerja sama, termasuk kami kunjungan itu termasuk bagian dari penilaian bahwa perpustakaan ini aktif berkegiatan,” tuturnya.

Dirinya juga mendorong sekolah-sekolah lain yang di Berau untuk terus semangat melakukan inovasi terhadap perpustakaan sekolah sehingga juga dapat berprestasi seperti SMAN 4 Berau.

“Selama ini kan kita inventaris sekolah mana yang mau diakreditasi karena persyaratan lombanya harus lolos akreditasi,” bebernya.

Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait akreditasi untuk menjaring mana yang siap diakreditasi dan melakukan pendampingan untuk program tahun depan. “Makanya kita juga dapat penghargaan secara nasional yaitu perpustakaan yang terakreditasi terbanyak di Kaltim,” pungkasnya. (Riska)

 

Berita Terkini di Ujung Jari Anda! Ikuti Saluran WhatsApp Headline Kaltim untuk selalu up-to-date dengan berita terbaru dan Temukan berita populer lainnya di Google News Headline Kaltim